Musda VII DPD LDII Kabupaten Lahat, 28 Januari 2012

Amat Sarjono Kembali Pimpin DPD LDII Lahat

  • Periode 2012 – 2017

Setelah melalui seleksi panjang dan alot, akhirnya peserta Musyawarah Daerah VII Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Lahat akhirnya kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan untuk masa bakti 2012 – 2017 kepada Ir Amat Sarjono. Kesimpulan ini didapat setelah rapat ditutup Sabtu malam (28/1) pukul 21.30 WIB di Sekretariat DPD LDII Pagar Agung, Lahat.

Sebelumnya, pembukaan ceremonial Grand Opening Musda VII DPD LDII Kabupaten Lahat digelar di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Lahat dimpimpin langsung Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE beserta istri Hj Raden Rukmi Sismartianti Aswari.

Selain warga LDII Kabupaten Lahat dan undangan, tampak pula perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ; Polres Lahat, Kodim 0405, Kejaksaan Negeri Lahat. Tampak pula Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lahat Drs KH Zulkiah A Kohar, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Lahat, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lahat KH Ramlan Fauzi MPd I diwakili Drs Rusdi Djakfar (Kasi Penerangan Masyarakat). Perwakilan organisasi Islam seperti Nahdlatul Ulama, Pengurus Daerah Muhammadiyah H Syamsul Hadi SAg diwakili Rivai SPd I (Sekretaris PDM). Asisten I Setda Kabupaten Lahat Drs H Ahdin Djasri MM, Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lahat Drs Ali Afandi, Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lahat Drs Rudi Darma, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lahat Drs Cholil Mansyur MM.

Acara ceremonial Grand Opening diisi pembekalan dari MUI Kabupaten Lahat disampaikan langsung oleh KH Zulkiah A Kohar tentang “Ukhuwah Islamiyah,” dilanjutkan penyampaian materi dari Polres Lahat oleh Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Bimas) AKP Dedi Suhendri dan Kasat Intel Polres Lahat AKP Budiman tentang “Peran dan partisipasi Ormas dalam penanggulangan terorisme.”

Pada kesempatan itu, Bupati Aswari juga meresmikan sembilan masjid yang dibangun secara swadaya oleh warga LDII Kabupaten Lahat tersebar di Kabupaten Lahat. Yakni, di Kecamatan Lahat ; Masjid Khoirun Nadzar, Khoirul Huda, Khoirun Syakur, Baitul Nur Hasan. Di Kecamatan Kikim Timur ; Masjid Baitul Huda, At Taqwa, Al Fattah. Di Kecamatan Kikim Barat ; Masjid Nur Hidayah. Kecamatan Jarai ; Masjid Baitul A’la. Dan satu gedung serbaguna DPD LDII Kabupaten Lahat di Pagar Agung Lahat.

Dalam kesempatan itu, secara spontan Bupati Aswari memuji kegigihan warga LDII dalam membangun masjid. Karena dirinya tinggal meresmikan ke sembilan masjid tersebut tanpa adanya proposal bantuan dana. “Saya salut dengan LDII. Kalau biasanya sebelum peresmian ada proposal dulu. Ini tidak, saya tinggal meresmikan semuanya. Ini pertanda militansi warga LDII cukup kuat di  Kabupaten Lahat,”katanya salut.

Sementara itu, terkait pelaksanaan Musda VII LDII, Bupati Aswari berharap para peserta dapat memilih dengan cermat dan demokratis Pimpinan DPD LDII Kabupaten Lahat periode 2012 – 2017. “Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti Musda VII LDII Kabupaten Lahat ini dengan sungguh sungguh, tertib, cermat, dan demokratis. Semoga siapapun yang dipercayakan nantinya untuk memimpin LDII Kabupaten Lahat kedepan adalah yang terbaik dari yang baik dan pemimpin yang amanah,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD LDII Periode 2006-2011 Ir Amat Sarjono dalam pesan pidatonya  menyampaikan, Musda VII kali ini mengambil tema “Meningkatkan Pengembangan SDM Profesional Religius Menuju Lahat Sejahtera.” Tema tersebut sengaja dipilih dengan harapan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa mendatang mempunyai SDM yang lebih baik, kompetitif, ahli di bidangnya dan mandiri (profesional), serta alim, fakih dalam agama dan berakhlakul karimah (religius) sehingga terwujud kesejahteraan di Kabupaten Lahat.

Sarjono juga menguraikan, untuk menjaga kerukunan antar umat beragama salah satu upaya pemerintah yang perlu di perhatikan dan di dukung adalah melakukan musyawarah dan mengintensifkan dialog, sebagai upaya pendekatan untuk menyelesaikan masalah yang memang masih perlu di intensifkan. “Dalam hubungan ini, organisasi keagamaan kiranya perlu memelihara komunikasi dan konsultasi secara terus menerus dengan semua pihak. Terutama dengan para tokoh agama dan instansi yang berwenang memberikan pembinaan teknis di bidang keagamaan,”tegasnya menambahkan, dengan begitu seluruh organisasi keagamaan yang bernafaskan Islam dapat ikut berperan dan memberi contoh dalam mengembangkan kehidupan keagamaan sehingga terbina hidup rukun diantara sesama umat seagama dan antar umat beragama.

Lebih jauh dijelaskannya, dakwah yang dikembangkan LDII adalah dakwah yang menyejukkan (green dakwah). Dimana dalam dakwah tersebut harus memuat dua unsur. Yakni, unsur kedamaian (assalam/peace) dan unsur keadilan (‘adalah/justice). Sehingga bisa memberikan pencerahan bagi umat. “Jika dakwah kita ingin berhasil dan diperhatikan masyarakat, seorang da’i harus dapat memberikan contoh yang baik di tengah masyarakat. Menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran (QS: Ali Imron 104). Hindari dakwah yang provokatif. Karena dakwah provokatif akan dapat memecah belah umat beragama yang dapat memicu terjadinya disintegrasi bangsa. Hal ini yang dilarang oleh pemerintah,”tegasnya.

Ditambahkan Ketua Panitia H Leo Wahab SE, dasar penyelenggaraan Musda VII DPD LDII Kabupaten Lahat surat keputusan DPD LDII Kabupaten Lahat No : Kep-25/F.8/X/2011. Musda diikuti 572 warga LDII Kabupaten Lahat utusan Pengurus Cabang (PC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) LDII se Kabupaten Lahat.

Hadir pula peninjau, ketua dan sekretaris dari 14 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Perwakilan Dewan Pimpinan Wilayah (DPD) LDII Provinsi Sumatera Selatan, Ketua DPW LDII Sumsel HM Yunus Tjik Nang SE dan Drs Abbas Efendi MSi (Ketua Dewan Pembina DPW LDII Sumsel), Ir Joko Susilo ST (Sekretaris DPW LDII Sumsel), Erman SE (Wakil Sekrtaris I DPW LDII Sumsel), Ali Sodiki S Sos (Wakil Sekretaris II DPW LDII Sumsel). (26)

Susunan Pengurus DPD LDII Kabupaten Lahat Periode 2012 – 2017

Ketua Umum : Ir Amat Sarjono

Wakil Ketua I : Elfa Edison SP

Wakil Ketua II : Basari SPd MM

Wakil Ketua III : Dony MA

Wakil Ketua IV : Heru Sukarno

Wakil Ketua V : Lukman Hakim

Sekretaris Umum : Lutfi Ardiansyah SE

Wakil Sekretaris I : Sugeng

Wakil Sekretaris II : Mustari

Bendahara : Riduwan

Wakil Bendaharan I : Suhariyanto AMd

Wakil Bendahara II : Ahmat Musaddat

Foto bersama dengan Bupati Lahat

Foto peserta MUSDA VII LDII Lahat

Bupati Lahat meresmika 9 masjid dan gedung serbaguna LDII dengan penandatanganan prasasti

Kata sambutan Bupati Lahat H. Saifudin Aswari Riva’i SE

Kata sambutan Drs Abbas Efendi MSi (Ketua Dewan Pembina DPW LDII Sumsel)

Kata sambutan Ketua DPD LDII Kab. Lahat Ir. Amat Sarjono

Atraksi pencak silat Persinas ASAD

Foto bersama dengan Kasat Bimas (AKP Dedi Suhendri dan Kasat Intel Polres Lahat AKP Budiman)

Polres Lahat menerima cinderamata dari DPD LDII Lahat

Pembekalan materi dari Polres Lahat dengan tema Peran dan partisipasi Ormas dalam penanggulangan terorisme.”

Ketua MUI Lahat Drs KH Zulkiah A Kohar menerima cinderamata dari DPD LDII Kab. Lahat yang disampaikan oleh Ketua DPW LDII Prov. Sumatra Selatan HM Yunus Tjik Nang SE

Bupati Lahat menerima cinderamata dari DPD LDII Kab. Lahat

Pembekalan materi dari Ketua MUI Kab. Lahat Drs H Zulkiah A Kohar tentang “Ukhuwah Islamiyah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: