Silaturahim warga LDII dengan pemerintah kabupaten lahat di pendopoan bupati lahat

DEWAN PIMPINAN DAERAH
LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDII)
KABUPATEN LAHAT

(Kata sambutan Ketua DPD LDII Kabupaten Lahat pada acara Silaturahim warga LDII dengan Jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat di Pendopoan Bupati Lahat, Jumat tanggal 29 Januari 2010)

Yth. Bapak Bupati Lahat
Yth. Bapak Wakil Bupati Lahat
Yth Bapak Sekda kab. Lahat
Yth. Bapak-bapak Dewan Penesehat LDII Kabupaten Lahat
Yth. Bapak Kabag Kesra Pemda Lahat
Yth. Bapak Kakandepag Kab. Lahat
Yth. Bapak……
Yth. Bapak bapak, Ibu-ibu, saudara saudari warga LDII yang berbahagia.

Alhamdulillahi robbil ‘alamin, pertama-tama kami ingin mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. Karena pada hari ini Jumat tanggal 29 Januari 2010 kita dapat berkumpul di tempat yang agung Pendopoan Bupati Lahat, yang selama ini terkesan sangat sacral, tetapi sejak kepemimpinan Bapak H Saifudin Aswari selaku Bupati Lahat kami warga LDII dapat hadir di Pendopoan ini dalam rangka Silaturahim Warga LDII dengan Jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat. dalam keadaan sehat walafiat.

Bapak, Ibu dan hadirin yang kami hormati.
Pada kesempatan ini pula, kami atas nama jajaran Pimpinan Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Lahat mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Lahat. Jujur kami akui bahwa Lahat dibawah kepemimpinan Bapak H. Saifudin Aswari, kami merasakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat tidak pernah berhenti menunjukkan kepedulian kepada masyarakat termasuk warga LDII. Ke depan kami berharap bahwa Jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat semakin meningkatkan komunikasinya dengan Organisasi Kemasyaraktan, mengingat semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh Organisasi Kemasyarakatan Islam dalam membina umat Islam melalui peran dakwah yang selama ini menjadi tugas pokoknya.

Sejalan dengan perkembangan reformasi saat ini, keberadaan (existensi) LDII di Kabupaten Lahat syukur Alhamdulillah telah terbentuk kepengurusan di tingkat kecamatan 4 Pimpinan Cabang, dan Kepengurusan tingkat Desa/Kelurahan telah terbentuk 12 Pimpinan Anak Cabang, selain yang telah terbentuk masih ada juga dalam proses pembentukan baik di tingkat Pimpinan Cabang(PC) mapun di tingkat pimpinan Anak Cabang (PAC).

Bapak, Ibu dan hadirin yang kami hormati.
LDII sebagai ormas kemasyarakatan dan keagamaan telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain; Pengajian rutin di tingkat PC/PAC minimal dua kali dalam seminggu, Pembinaan Generasi Penerus melalui pengajian cabe rawit (tingkat TK/TKA) tingkat pra remaja dan remaja, Penataran Anti Narkoba, Pelatihan Para Da’i, Bakti Sosial, Kebersihan Lingkungan, Turnamen sepak bola, Pengajian Alquran Bacaan Qiroatussab’ah, Pengkajian hadits soheh Bukhori,dan Dakwah melalui pemancar radio bekerjasama dengan Radio Dangdut TPI mengisi acara Bertajuk Tanya Jawab seputar Islam (Ta’lim). Perlu kami tegaskan bahwa LDII tetap komitmen mendukung program pemerintah dalam pemberantasan teroris dan mengutuk keras perbuatan tersebut.

Dalam kehidupan bermasyarakat kita harus menjunjung kesatuan dan persatuan. Kesatuan dan persatuan yang dimaksud disini bukan berarti kita harus sama, tidak ada perbedaan dalam segala hal itu tidak, justru perbedaan perbedaan yang ada harus dapat saling memperkuat untuk tercapainya tujuan bersama, sebagai contoh pada praktek kehidupan berdemokrasi perbedaan pendapat, perbedaan Parpol dan lain-lain itu justru merupakan manifestasi checks and balances sehingga tidak ada pihak yang berjalan semaunya sendiri dan selalu ada yang mengingatkan kalau ada kekeliruan. Dengan demikian tujuan bersama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat tercapai.

Perlu kami laporkan juga bahwa di dalam LDII telah dikembangkan system nilai (value system) yang menjadi landasan bagi setiap warga LDII dalam beraktivitas, yaitu:

1. Integritas, yaitu upaya keras untuk menyatukan antara kata dan perbuatan meskipun berada dalam situasi yang sulit;
2. Akuntabel, yaitu upaya keras untuk mempertanggungjawabkan dan mempertanggunggugatkan mandat atau tugas yang diberikan, meskipun tantangannya berat;
3. Efektif, yaitu upaya keras agar setiap pekerjaan mencapai sasaran;
4. Efisien, yaitu upaya keras agar setiap sumberdaya yang kita pergunakan bermanfaat dan tidak mubadzir;
5. Sinergis, yaitu upaya keras untuk menyatupadukan upaya individu menjadi suatu kekuatan kolektif yang lebih dahsat;
6. Harmonis, yaitu upaya keras dalam team work untuk menyelaraskan dan mensinkronisasikan berbagai jenis dan bentuk kepentingan menjadi kepentingan bersama.

Bapak, Ibu dan hadirin yang kami hormati
Umur bumi kita semakin tua, eksploitasi hutan yang berlebihan menyebabkan pemanasan global (global worming) dan perubahan iklim (climate change) yang saat ini kita merasakan dampaknya. Pemerintah daerah membuat program penghijauan maupun reboisasi, yang sekarang lagi digalakkan adalah penanaman pohon yang lebih kita kenal dengan istilah one man one tree (satu orang satu pohon). Untuk mengurangi dampak pemanasan global ataupun perubahan iklim. Kami warga LDII siap membantu pemerintah mensukseskan program one man one tree, yaitu kami menyiapkan tenaganya dan pemerintah menyediakan bibitnya (pohonnya) dan daerah mana yang akan dihijaukan (ditanami pohon).

Lembaga Dakwah Islam Indonesia sebagai ormas Islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokratis dan menghormati hak asasi manusia senantiasa mengharapkan adanya kerjasama antar sesama komponen bangsa sehingga tercipta sinergi positif dalam rangka percapaian tujuan Nasional.

Bapak, Ibu dan hadirin yang kami hormati
Demikian sambutan kami, sebelum kami akhiri saya akan menyampaikan pantun Kalau ada jarum yang patah, jangan simpan dalam laci; kalau ada kata dan perilaku kami yang salah jangan disimpan dalam hati. Kami mohon untuk dimaafkan. Akhirul kalam, wabillahi taufik wal hidayah

Lahat, 29 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: